Peta Situs(Sitemap) Blog my.id di Webmaster Google

Kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara menambahkan Peta Situs(Sitemap) blog my.id kedalam Google Search Console/Google Webmaster. Pasti akan bingung kan karena ketika diakses http://[situs anda].my.id/sitemap.xml , tapi tidak ditemukan. atau mungkin malah redirect ke 404 Not Found ?

untuk itu ada cara alternatif buat menambahkan sitemap tersebut yaitu dengan menggunakan Atom feed dari wordpress. secara default Atom feed telah terinstall di blog kalian dan dapat diakses di http://[situs anda].my.id/feed/atom/ . untuk cara menambahkannya sebagai berikut:

Dari panel Google Webmaster, Pilih tab Perayapan lalu pilih Peta situs. setelah itu klik “tambahkan/uji peta situs” dan masukkan “feed/atom/” di kolomnya, lalu ujilah terlebih dahulu apakah sitemap dapat diterima oleh google, jika ada keterangan dihalangi oleh robots.txt maka baca artikel saya sebelumnya tentang memperbaik robots.txt terlebih dahulu. jika sukses maka akan ditandai dengan jumlah link yang terdeteksi oleh google.

sitemap-atom-feed
Sitemap yang telah ditambahkan

akan tetapi ada kekurangan dari sitemap yang ini, karena ia hanya berisi url dari postingan kita saja, jadi tidak bisa melakukan pemetaan buat url Page ataupun kategori. jadi harus dilakukan manual untuk yang kedua itu.

jika ada yang mengalami kesulitan / kurang paham tentang cara menambahkanya silahkan berkomentar di kolom komentar.

 

Comments 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *